URGENSI FILSAFAT TASAWUF

URGENSI FILSAFAT TASAWUF

BAGIKAN

Berbagai materi telah disampaikan demi menjelaskan pentingnya ilmu filsafat, namun ilmu tasawuf tak kalah penting untuk dipahami dan dimengerti.akhirnya muncullah suatu ilmu gabungan yang disebut filsafat tasawuf. Filsafat sendiri merupakan sebuah ilmu yang menitikberatkan pada akal dan lagika, artinya sumber utama berpikirnya menggunakan akal sebagai pokok pijakan, jika akal membenarkan maka benarlah ilmu itu dan jika akal tak mampu membuktikan kebenarannya, maka ia tertolak menurut akal. Sementara itu tasawuf berpijak pada hati, ketika hati nurani sudah membenarkan dan menenangkan ia tak perlu lagi mencari dalih untuk menurut pada akalnya, karena pengetahuan hati dan akal sangat bertolak belakang.
Filsafat tasawuf ingin menjembatani pengetahuan antar keduanya. Ini berarti akan ada benang merah penghubung yang mampu mensinkronkan kedua ilmu tersebut untuk bisa layak dipahami dan dimengerti oleh akal / logika maupun hati nurani.
Dalam pelajaran filsafat tasawuf di situ diterapkan unsur rasa penasaran terhadap pengetahuan. Lebih lebih masalah tindak laku yang dilakukan oleh para sufi tidak ditelan mentah mentah, namun dipikirkan secara matang apa hikmah dan manfaat dari perbuatan sufi tersebut. Apakah ada urgensi yang layak dipetik ataukah hanya sekedar simbol yang tak bermakna bagi kehidupan. Misalnya wudlu, wudlu menjadi daya tarik tersendiri saat diteliti oleh para cendekiawan barat, apa hikmah dibalik berwudlu?  Apakah sekedar membasuh anggota badan saja atau ada manfaat selain segar dan menyehatkan? , filsafat tasawuf berbicara masalah itu dengan detail disertai beberapa dalil aqli maupun naqli.
Semoga bermanfaat, amien.

TINGGALKAN KOMENTAR