STATEMEN SETAN

STATEMEN SETAN

BAGIKAN

Sapaan pagi.
Alloh berfirman :”Dan berkatalah setan tatkala perkara telah diselesaikan: “Sesungguhnya Alloh telah menjanjikan kepada kamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepada kamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepada kamu, tetapi aku menyalahinya. Dan sekali-kali tidak ada sedikitpun kekuasaan bagiku terhadapmu, tetapi aku sekedar menyeru kamu, lalu kamu mematuhi seruanku. Oleh sebab itu, janganlah kamu menyesali aku, akan tetapi sesalilah dirimu sendiri. Aku sekali-kali tidak dapat menolong kamu dan kamu pun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatan kamu mempersekutukan aku (dengan Alloh) sejak dahulu. Sesungguhnya orang-orang yang dzolim mendapat siksa yang pedih.” (QS. Ibrohim :22)
Apa yang diucapkan setan bahwa ia tidak memiliki kekuasaan sungguh benar karena manusia yang terperdaya olehnya adalah manusia yang tidak memiliki kekebalan. Setan tak ubahnya seperti kuman yang tidak akan mampu memberikan dampak buruk terhadap tubuh manusia jika tubuh itu sehat serta memiliki kekebalan. Manusia yang memiliki kekebalan iman pun tidak akan dipengaruhi oleh rayuan setan dan dengan mudah akan mampu menampiknya.
Dan setan pun tidak akan mampu memberikan pertolongan saat berada di akhirat. Rosululloh pernah menyampaikan dalam hadistnya “Ketika Alloh mengumpulkan semua manusia mulai manusia pertama sampai yang terakhir, lalu Alloh memberikan keputusan kepada mereka, selesailah keputusan itu, orang-orang yang beriman berkata “Tuhan kami telah memberikan keputusan kepada kami, lalu siapa yang memberikan pertolongan kepada kami? Maka diantara orang beriman berkata “Berangkatlah kalian kepada nabi Adam, nabi Nuh, nabi Ibrahim, nabi Musa, dan nabi Isa. Lalu nabi Isa berkata “Aku tunjukkan padamu kepada Nabi yang Ummi (Nabi Muhammad). Maka orang-orang beriman itu mendatangi aku, Alloh pun juga memberikan izin kepadaku memberikan syafaat, Alloh memunculkan cahaya yang keluar dari rambutku sampai kuku di jari kakiku.
Lalu orang-orang kafir berkata “Orang yang beriman telah mendpatkan pertolongan lalu Siapa yang memberikan pertolongan kepada kami? Tidak ada yang memberikan pertolongan kecuali iblis dia telah menyesatkan kami.
Lalu mereka datang kepada iblis gar bisa memberikan pertolongan maka, iblis berkata seperti ayat diatas. (Ibnu Abi Hatim)
Semoga bermanfaat.

image

TINGGALKAN KOMENTAR