Saat Ibu Hamil

Saat Ibu Hamil

BAGIKAN

Mengandung janin dan melahirkan bayi yang sehat, pastilah menjadi dambaan setiap orang tua dan dapat dipastikan kondisi sang ibu dalam keadaan sehat yang optimal.

Satu hal penting dalam mendapatkan bayi sehat adalah kecukupan kebutuhan gizi, untuk mencegah dari kecacatan janin. Salah dua zat gizi yang penting adalah Asam Folat (Vitamin B9) dan Vitamin B 12 (sianokobalamin).

 

Kedua fungsi vitamin ini, asam folat dan B12 sangat berkaitan dalam hubungannya dengan pembentukan darah merah dan juga dalam pembentukan salah satu komponen DNA yang penting (timidin). Fungsi utama asam folat bagi ibu hamil yaitu membantu agar sel-sel pada tubuh berkembang dengan benar, membentuk sel darah merah dan mencegah kerusakan saraf pada janin. Sedangkan Vitamin B 12 bermanfaat untuk mengubah karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi, menjaga sel darah merah tetap sehat, melindungi sel saraf, mencegah penyakit jantung dan mencegah penyusutan otak yang dapat menyebabkan daya ingat menurun. Kebutuhan asam folat pada saat wanita hamil adalah 400 µgram dan Vitamin B12 2,6 µgram.

Apa yang terjadi jika kekurangan kedua zat tersebut bagi ibu hamil? Kekurangan asam folat menyebabkan spina bifida, penutupan tidak lengkap sumsum tulang belakang dan tulang belakang (spinal cord&spinal column); anencephaly yaitu keterbelakangan otak yang parah; down sindrom; encephalocele yaitu ketika jaringan otak menonjol keluar kulit dari celah pada tengkorak yang abnormal. Kekurangan vitamin B12 mengakibatkan penyakit anemia pernisiosa yaitu sel darah merah terdapat dalam jumlah yang sedikit tetapi ukurannya lebih besar.

Sumber asam folat dapat berasal dari susu dan produk olahan susu, bit, hati, melon dan sayuran berdaun hijau. Sedangkan sumber Vitamin B12 di dapat dari daging sapi, ikan, hati, susu dan produk olahanya, kedelai dan rumput laut.

Beberapa contoh kandungan gizi asam Folat dan Vitamin B12 dalam beberapa makanan

Produk Asam Folat

Asparagus mentah 69,68 µgram/cup

Kembang kol mentah 60,99 µgram/cup

Seledri mentah 36,36 µgram/cup

Brokoli mentah 57,33 µgram/cup

Hati sapi, mentah 375,35 µgram/4 ons

Pepaya sedang 115,52 µgram/buah

Terong 18,04 µgram/cup

Tomat 27 µgram/cup

Kacang Hijau 86,78 µgram/cup

Jeruk sedang 39,3 µgram/buah

Produk Vitamin B12

Kerang 84 µgram/ 3 ons

Daging sapi 70,7 µgram/ 3 ons

Daging kalkun 48,2 µgram/ 3 ons

Kerang besar 16,4 µgram/ 200 gram

Daging ayam 13,7µgram/potongan besar

Kepiting 9,8µgram/3 ons

Salmon 9 µgram/100 gram

Sereal lengkap sarapan 6 µgram/sajian

Ikan trout 4,2 µgram/3 ons

Ikan Herring 3,6 µgram/3 ons

Pola makan ibu hamil baiknya bervariasi dan kaya akan gizi. Tetapi, jumlah variasi makanan dalam sebuah wilayah sangat berbeda, sehingga saat ibu hamil tetap perlu menjaga kebutuhan gizinya mulai dari trimester pertama sampai kelahiran nanti. Jika diperhatikan dari komposisi makanan diatas, sangat sulit sekali seorang bisa menghabiskan misalnya 3 ons Ikan herring demi untuk mendapatkan 3,6 µgram vitamin B12 atau makan 4 ons hati sapi untuk endapatkan 375,35 µgram asam folat, sehingga dibutuhkan suplemen yang memadai. Syarat suplemen tidak hanya mahalnya, tetapi pada bioavailabilitas (tingkat penyerapan) zat tersebut dalam tubuh. carilah suplemen yang mempunyai bioavailabilitas yang tinggi (sekitar 85% dalam tubuh).

bagaimanapun, suplementasi tetap dibutuhkan…

 Salam

Warkoper

TINGGALKAN KOMENTAR