PINTU ABU BAKAR

PINTU ABU BAKAR

BAGIKAN

Tulisan di atasku ini adalah:

 

هذه خوخة سيدنا ابي بكر الصديق رضي الله عنه

 

 

“Ini adalah pintu rumah Sayyidina Abi Bakar Asshiddiq ra.”

 

KETERANGAN:

 

Yang dimaksud dengan خوخة adalah pintu kecil yang kadang ada daun pintunya dan kadang tidak ada, sebab asalnya pintu ini hanyaberupa lubang yang dibuat di dinding. Demikian yang dikatakan olehIbnu Qurqul.

 

FATHUL BARI: 233

 

وعن ابن عباس قال خرج رسول الله صلى الله عليه وسلم في مرضه الذي مات فيه عاصبا رأسه بخرقة فقعد على المنبر فحمد الله وأثنى عليه ثم قال إنه ليس من الناس أحد أمن علي في نفسه وماله من أبي بكر بن أبي قحافة ولو كنت متخذاً من الناس خليلاً لاتخذت أبا بكر خليلاً ولكن خلة الإسلام أفضل سدوا عني كل خوخة في هذا المسجد غير خوخة أبي بكر.

 

467: Dari Ibnu Abbas ra:

 

“Rasulullah saw keluar dalam keadaan sakit, sakit yang membawanya meninggal dunia, sambil mengikat kepalanya dengan sepotong kain. Beliau duduk diatas mimbar dan memuji Allah dan menyanjung-Nya, kemudian bersabda:

 

“Sesungguhnya tidak ada seorang pun yang paling banyak membantuku dalam hal diri dan hartanya daripada Abu bakar bin Abi Quhafah. Kalau aku (boleh) mengambil diantara manusia seorang khalil (kekasih), niscaya aku akan menjadikan Abu Bakar sebagai Khalil, akan tetapi persaudaraan islam lebih utama, tutuplah untukku semua pintu dimasjid kecuali pintu Abu Bakar.”

 

 

Inilah bekas rumah Abu Bakar yang kini sudah menjadi bagian dalam masjid Nabawi, namun posisi Pintu yang dimaksud dalam hadits diatas masih diberi tanda hingga kini (lihat foto)

 

Lokasi ini tepatnya berada di PINTU ABU BAKAR/ ABU BAKAR GATE. Bersebelahan dengan PINTU/BABUS SALAM.

 

 

Demikian baba naheel melaporkan dari Madinah
“Ini adalah pintu rumah Sayyidina Abi Bakar Asshiddiq ra.

TINGGALKAN KOMENTAR