PENTINGNYA PERCAYA DIRI

PENTINGNYA PERCAYA DIRI

BAGIKAN

apa yang kita inginkan ???

Semua kemampuan sudah kita keluarkan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Tapi mengapa kita selalu merasa kalah dengan teman kita yang lain. Tampaknya masalah bukan berada pada kemampuan tapi rasa percaya diri kita harus dicek kembali. Segera tunjukkan diri kita.

Kesankan ke seisi ruangan bila kita di ruangan. Siapkan isi presentasi sebelum rapat. Nyamankan terlebih dahulu diri kita, misal dengan mengambil napas dalam, sebelum masuk ruangan. Kita melangkah dengan percaya diri, seolah ruangan adalah milik kita. Mereka sadar keberadaan kita. Kuasai diri. Gugup yang tiba-tiba menyergap harus kita atasi.

Jika kita tidak kenal siapapun di kerumunan, carilah suatu kelompok, senyum, kenalkan diri kita dan katakan, “Walau saya tidak mengenal siapapun di sini, bolehkan saya bergabung?.” Biasanya tanggapan hangat dan simpatik akan segera mengalir. Imbangi sebaik-baiknya. Jika kita membuat kesalahan dalam berbicara, hal terpenting adalah mengetahui bagaimana mengimbanginya. Jika kita lupa nama seseorang, ingat bahwa hal ini terjadi pada setiap orang. Karena itu kita tak perlu malu.
Saatnya serius .

Bila kita hendak mengutarakan sesuatu, katakan dengan serius dan mantap. Bukan dengan nada bercanda. . Jaga tangan kita tidak bergerak berlebihan. Ini hanya semakin memperlihatkan ketidak tenangan kita.

Promosikan diri. Kita bisa menceritakan keberhasilan kita dengan cara yang halus. Jangan terkesan sombong karena orang lain malah akan mengukur kemampuan kita. Kalau cara dan porsinya pas, kita akan terkesan mampu melaksanakan tugas-tugas/kewajiban yang menjadi tanggungjawab kita dengan baik.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR