Mengenal Kelainan Umum Pada Anak Anak

Mengenal Kelainan Umum Pada Anak Anak

BAGIKAN

gangguan-mental

Setiap orang tua sangat ingin buah hatinya sehat fisik ataupunmental. Tetapi tidak semua orangtua bisa beruntung memiliki anaksehat keduanya. Ada orangtua yang kurang beruntung dengan buahhatinya yang sedari kecil sudah mengalami kelainan umum pola mentalpada anaknya, tetapi tidak menyadarinya. Sebelum terlambat, sebagaiorangtua ada baiknya sedikit mengetahui tanda-tanda tersebut.Kelainan yang mungkin terjadi pada anak-anak adalah:

 

  1.  Gangguan kecemasan (anxiety disorder). Termasuk diantaranya obsessive compulsive disorder, gangguan traumatik pasca stress, fobia sosial dan gangguan kecemasan yang umum dalam kegiatan sehari-hari.

 

  2.  Attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD). Biasanya mencakup beberapa kombinasi gangguan, misalnya sulit fokus dan konsentrasi, hiperaktif dan perilaku impulsif.

 

   3. Autis. Autis merupakan salah satu gangguan yang serius dan bisa muncul sebelum anak berusia 3 tahun. Gejala keparahan bervariasi mulai dari ringan sampai berat, mulai dari sulit berkomunikasi dengan orang lain.

 

   4. Gangguan makan. Misalnya anoreksia nervosa, bulimia nervosa dan gangguan makan tanpa henti dapat terjadi pada anak-anak.

 

   5. Gangguan suasana hati/mood. Misalnya depresi dan gangguan bipolar pada anak. Perubahan ini dapat membahayakan interaksi sosialnya.

 

   6. Skizofrenia. Pnyakit mental kronis yang menyebabkan anak kehilangan sentuhan dengan realitas (psikosis).

 

Bagaimana sih,tanda-tanda gangguan yang umum?

 

   a. Perubahan suasana hati/mood. Perasaan terlalu sedih atau menarik diri sampai lebih dari 2 minggu serta perubahan mood yang parah sehingga menyebabkan masalah hubungan dengan teman di sekolah atau orang-orang sekelilingnya.

 

    b. Ketakutan yang terlalu kuat. Terlalu waspada atau terlalu takut akan segala sesuatu yang sampai tidak masuk akal dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

 

    c. Perubahan perilaku. Mulai dari diam sampai kepada perilaku berbahaya atau keluar kontrol. Bahkan ada yang sampai bisa menggunakan senjata untuk mengancam orang lain.

 

    d. Sulit konsentrasi. Tidak dapat fokus, tidak bisa duduk diam disekolah atau dimanapun.

 

    e. Kehilangan berat badan tanpa sebab. Tiba-tiba kehilangan nafsu makan, sering muntah atau penggunaan obat pencahar yang menunjukkan gangguan pola makan.

 

    f. Berupaya bunuh diri.

 

    g. Minum alkohol atau pemakai obat-obatan lain.

 

 

Jikasudah dicurigai kita sebagai orangtua menemukan tanda-tanda kelainanmood dan kehidupan anak-anak, tidak ada salahnya segera dibawa kedokter anak untuk segera diberikan perawatan khusus sesuai dengangejala gangguan. Ada dua cara untuk mengobati gangguan ini:

 

   1. Psikoterapi. Dengan terapi perilaku yang mencakup kondisi, suasana hati, perasaan, pikiran dan perilaku. Selain itu juga membantu anak mempelajari situasi dan keterampilan mengatasi masalah.

 

   2. Medikasi. Diantaranta obat anti depresan, anti kecemasan, anti psikosis, penstabil mood.

 

Jangansampai menunggu parah, karena anak adalah aset anda.

TINGGALKAN KOMENTAR