JERAWAT BAYI

JERAWAT BAYI

BAGIKAN

Aishah

Tiba-tibadipipi dan leher adik ada banyak bintik-bintik seperti jerawat orang dewasa. Ibunya heran, kok bisa ya…masih bayi sudah punya jerawat?? memangnya ada??

 Jerawat

Iya,beberapa bayi memang bisa mengalami jerawat, yang disebut denganbaby’s acne (jerawat bayi) dan biasanya dialami oleh bayi yang barulahir. Jerawat dapat terjadi di mana sajapada wajah, tetapi biasanya muncul pada pipi, hidung dan dahi, serta sifatnya sementara. Tidak ada pengobatan khusus dari penyakit ini dantidak membahayakan.

Ciridari jerawat bayi yaitu bintik-bintik merah kecil atau pustula padapipi, hidung, dahi serta ada sekitar umur bayi 2 sampai 4 minggu setelah kelahiran. Akan menjadi masalah kalau bayi menggaruk dan kemudian jadi rewel. Jika ada bintik putih kecil-kecil pada hidung,dagu dan pipi, maka itu disebut Milia. Penyakit ini menjadi perhatiandan sebaiknya ke dokter jika sudah terjadi lebih dari 3-4 bulan.

Jerawatini belum diketahui penyebabnya dan tidak ada test khusus untukmengetahui penyebabnya.

Jerawat bayi sangat tidak membutuhkan perawatan khusus, bisa hilang dengan sendirinya. Dokter baru akan memberikan resep berupa salep atau krim lembut yang tidak merusak kelembutan kulit bayi kalau jerawattersebut menjadi keras (orang indonesia bilang: jerawat batu).

Ada sedikit tips yang bisa bermanfaat dalam menjaga kulit si kecil jikaterkena jerawat:

   1.  Tetap jaga kebersihan kulit si kecil. Cuci wajahnya dengan air suam suam kuku setiap hari, gunakan sabun wajah dengan pelembab yang ringan beberapa kali seminggu dan bilas dengan air hangat/suam kuku.

   2.  Keringkan wajah si kecil dengan lembut, bukan dengan cara digosok, tapi ditepuk-tepuk pelan.

   3.  Jangan sekali-kali memencet jerawatnya, karena bisa menyebabkan infeksi dan iritasi.

    4. Hindari menggunakan lotion atau minyak untuk bagian yang berjerawat.

Jadi…sebenarnya tinggal tergantung bagaimana orang tua merawat si kecilketika sudah ada jerawat…dan tidak semua bayi berjerawat.

TINGGALKAN KOMENTAR