Instrumen Riset (1) : Kinerja Guru

Instrumen Riset (1) : Kinerja Guru

BAGIKAN

Materi ini merupakan sebuah bentuk kepedulian www.warkopmbahlalar.com atas kemajuan ilmu pengetahuan dan tradisi ilmiyah di kalangan masyarakat. Bagi sebagian mahasiswa atau peneliti kebutuhan akan instrumen penelitian merupakan hal mendasar, khususnya dalam penelitian explanatif, kausalitas atau kuantitatif secara umum. Konsep-konsep yang diteliti merupakan variabel yang memiliki indikator-indikator sebagai ukurannya, sehingga sebuah variabel dapat diukur kemudian dikorelasikan dengan variabel lainnya. Pada akhirnya dapat menjadi penjelas dari sebuah konsep atau teori tertentu. Semoga tulisan ini bisa berlanjut dan berseri untuk berbagai konsep yang bisa membantu pembaca dalam melakukan penelitian.

 

Untuk materi pertama adalah mengenai konsep kinerja guru. Mangkunegara (2004) mendefinisikan kinerja adalah hasil kerja yang secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Pada umumnya unsur-unsur yang perlu diadakan penilaian dalam proses penilaian kinerja menurut Siswanto (2003) adalah sebagai berikut : kesetiaan, prestasi kerja, tanggung jawab, ketaatan, kerjasama, kejujuran, prakarsa dan kepemimpinan.

Untuk mengukur kinerja guru/dosen anda bisa menggunakan standar nasional komptensi guru yang meliputi kemampuan pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Namun anda bisa menggunakan isntrumen penelitian yang dikembangkan oleh Syed Ahmad Raza dari Pakisan, yang secara lengkap bisa anda download di bawah ini.

Instrumen Kinerja Guru

Semoga tulisan ini bermanfaat…

 

TINGGALKAN KOMENTAR