HIKMAH BEKAM

HIKMAH BEKAM

BAGIKAN

 

Perkembangan teknologi tidak menghalangi Hikmah Bekam untuk dilestarikan sebagai pengobatan alternative dengan metode kuno.

 

Bekam yang mendapat perhatian besar didunia Islam, berdasarkan hikmah hikmah yang diintisarikan dari Sabda sabda Rosul.

Hikmah Bekam ini hampir hampir dapat menyebabkan kesembuhan segala penyakit, sesuai yang disabdakan Rosulullah:

إن كان في شيء مما تداويتم به خير فالحجامة .

صحيح الترغيب

3460

“Jika ada sesuatu (dalam urusan penyembuhan) yang lebih bagus dalam hal berobat, maka itu adalah Bekam”

Namun hendaknya untuk meraih Hikmah Bekam ini, perlu diperhatikan titik titik mana yang harus dibekam, selain untuk bertujuan Tabarruk, dalam meraih hikmah Bekam ini yang paling utama adalah Ittiba’ denga Rasulullah, artinya disamping dengan bekam ini bertujuan mencari alternative penyembuhan, hendaknya kita lakukan dengan niyyat mengikuti Sunnah Rosulillah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam.

Adapun titik titik bekam itu antara lain:

Dalam proses terapi bekam, penting sekali untuk melakukannya di titik-titik yang benar sesuai yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Adapun titik yang disunnahkan Rasulullah adalah sebagai berikut :


1.Ummu Mughits

yaitu berada di ubun-ubun, Hikmah bekam pada titik ini bermanfaat untuk mengatasii penyakit stroke, hypertensi, vertigo dan migrain


2. Qumah Duwah

Yaitu berada di sekitar tengah tengkuk,Hikmah Bekam pada titik ini bermanfaat untuk mengobati penyakit ringan maupun berat seperti mata kabur, meningkatkan daya ingat, sakit kepala, sakit bahu, dan tenggorokan.


3.Al Akhda’ain

Yaitu berada di dua urat samping kiri dan kanana leher. Kadang-kadang posisinya agak tersembunyi. Hikmah bekam pada titik ini untuk mengatasi hypertensi dan stroke pada bagian kepala dan wajah.


4.Al-Kaahil

Yaitu berada di ujung atas tulang belakang, Hikmah bekam pada titik ini bermanfaat untuk mengatasi masalah penyakit sekitar kepala dan syaraf.


5.Al-Hammah

Yaitu titik paling atas kepala, Hikmah bekam pada titik ini untuk mengembalikan ingatan.


6.Titik Punggung

yaitu berada di punggung kanan dan kiri, hikmah bekam pada titik ini untuk penyakit asma, paru-paru dan bronchitis.


7.Titik Pinggang

Hikmah bekam pada titik ini sangat bermanfaat untuk masalah gangguan ginjal dan susah buang air kecil.


8.Titik Pinggul

Hikmah bekam pada titik ini untuk menghilangkan rasa nyeri ketika jatuh duduk.


9.Titik Pangkal Paha

Hikmah bekam pada titik ini bermanfa’at untuk menyembuhkan kaki lemas atau memar karena terpukul atau terjatuh


10.Titik betis dan lipatan lutut

Hikmah bekam pada titik ini bermanfa’at Mengatasi gangguan kandung kemih, asam urat, dan pegal linu.


11.Titik punggung telapak kaki

Hikmah bekam pada titik ini bermanfa’at Untuk masalah luka-luka paha, betis, hambatan haid, dan gatal-gatal pada buah Dzakar

Yang perlu diperhatikan agar kita sempurna dalam berittiba’ dengan Nabi, hendaknya juga diperhatikan masalah waktu kapan sebaiknya berbekam, walaupun sebenarnya Hikmah bekam itu juga tidak tergantung dengan masalah waktu, adapun waktu waktu yang Nabi suka berbekam adalah antara lain berdasarkan riwayat:

 

حدثنا ‏ ‏أبو توبة الربيع بن نافع ‏ ‏حدثنا ‏ ‏سعيد بن عبد الرحمن الجمحي ‏ ‏عن ‏ ‏سهيل ‏ ‏عن ‏ ‏أبيه ‏ ‏عن ‏ ‏أبي هريرة ‏ ‏قال ‏
‏قال رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏من ‏ ‏احتجم ‏ ‏لسبع عشرة وتسع عشرة وإحدى وعشرين كان شفاء من كل داء ‏

“Bersabda Rosulullah SAW: barang siapa yang berbekam pada tanggal 17 dan 19 dan 21 maka Bekam itu adalah Obat dari segala penyakit”

 

عن نافع،أنَّ ابن عمر-رضي الله عنهما-قال له:يا نافع تبيغ بي الدم فالتمس لي حجاماً،واجعله رفيقاً إن استطعت،ولا تجعله شيخاً كبيراً،ولا صبياً صغيراً،فإني سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول:(( الحجامةُ على الريق أمثلُ،وفيها شفاء وبركة،وتزيد في العقل والحفظ ، واحتجموا على بركة الله يوم الخميس،واجتنبوا الحجامة يوم الأربعاء والجمعة والسبت والأحد تحريَّاً،واحتجموا يوم الاثنين والثلاثاء؛فإنه اليوم الذي عافى الله فيه أيوب،وضربه بالبلاء يوم الأربعاء،فإنه لا يبدو جُذامٌ ولا بَرَصٌ إلاَّ يوم الأربعاء،وليلة الأربعاء )) . رواه ابن ماجة في السنن ، وغيره .

 

“Dari Nâfi’, bahwa Ibnu ‘Umar –radhiyallahu ‘anhuma- pernah berkata kepadanya, “Wahai Nafi’ darahku telah membuih, carikanlah untukku tukang bekam dan upayakan orang yang lembut jika engkau sanggup, jangan orang tua dan jangan pula anak-anak, karena sesungguhnya aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Berbekam dilakukan sebelum makan pagi (perut kosong) adalah yang paling ideal,padanya mengandung kesembuhan dan barakah,  menambah kecerdasan otak dan menambah ketajaman menghafal. Oleh karena itu berbekamlah  pada hari Kamis atas berkah (nama) Allah. Hindarilah berbekam pada hari Rabu,  Jum’at,  Sabtu dan Ahad. Berbekamlah pada hari Senin dan Selasa. Karena itu adalah hari dimana Allah menyembuhkan Nabi Ayyub, dan menimpakannya bala’ pada hari Rabu. Tidaklah timbul penyakit kusta dan lepra, kecuali pada hari Rabu dan malam hari Rabu.” HR. Ibnu Mâjah dalam Sunannya dan lainnya”.

 

TINGGALKAN KOMENTAR