Grand Design Bay UK

Grand Design Bay UK

BAGIKAN

..siapa SIR PERCY COX ? dan apa peranannya terkait Khilafah Turki Usmani ?
..lalu, apa hubungannya dengan WAHABI gerombolan Nejd ini ?
..^_______^..

..Sir Percy Cox hidup di abad 20 (th 1900an) dan yang sejaman dengan Percy Cox ialah : raja Abdul Azis bin Abdurrahman al Saud, Syarif Husein, raja Faisal Irak, Ali bin Husein yordan. ..mereka semua mau dijadikan penguasa boneka dibawah protektorat Inggris, pasca runtuhnya khilafah ottoman th 1926

..karena Syarif Husein sempat mendeklarasikan diri sbg khalifah penerus khilafah ottoman, maka itu langsung disingkirkan oleh Inggris..

..raja Faisal Irak, raja Ali yordan dan Abdul Azis al Saud saudi bersedia hanya jadi raja nasional/regional yg lepas dari khilafah turki usmani, maka dibantu inggris dlm pertempuran melawan usmani..

..di Saudi, Inggris menempatkan John Philby sbg penasehat. Inggris menempatkan Thomas Edward Laurence di Irak, yordan.

================================================

..usaha meruntuhkan khilafah Turki Usmani dari dalam sebenarnya sudah dirintis Inggris th 1800an melalui Hempher dan Muh bin Abd Wahab, sebab ..hempher hidupnya sejaman dng Muh Abd Wahab, th 1800an.

..dan keberhasilan bughat tersebut baru berhasil th 1926 melalui John Philby, Edward Laurence, Phercy Cox dan kroninya : Abdulazis al Saud, raja Faisal dan Ali bin Husein yordan.

..dan intinya, Inggris adalah salah satu negara penjajah terbesar, yg mencaplok China, Hongkong, India, dan timur tengah.. segala cara mereka upayakan termasuk menghancurkan kekuatan Islam dgn memecah belah dari dalam ..masih ingat Ghulam Ahmad Qadyani dgn ‘Ahmadiyyah’-nya yg muncul di India saat Inggris menjajah disana ?

..dan penjajahan itu tdk saja terbatas pada penjajahan negara dan bangsa secara phisik, namun juga pemikiran..dan salah satu bukti adanya penjajahan inggris adalah gelar ‘LC’ yg dipakai oleh sarjana lulusan timur tengah.. ^__^

================================================

..FLASHBACK [ ini mirip jalan cerita di game ”CoD – Black Ops” – ..^_^.. ] :

..sejak abad 12, Hijaz dibawah kekuasaan klan Syarif yang berbaiat dibawah Sultan Mamluk Mesir.
..Tahun 1517 Mamluk Mesir ditaklukkan oleh Sultan Salim I Turki Usmani.

..Syarif Barakat segera berbaiat mengakui kekuasaan Sultan Salim I Turki Usmani.
..Turki Usmani tetap menunjuk Syarif Barakat sebagai Gubernur Hijaz dibawah Turki Usmani yang menempatkan seorang konsul pengawas di Jeddah.

..jadi sejak tahun 1517 Hijaz resmi sbg salah satu Propinsi dibawah kekuasaan Turki Usmani.
..para Syarif tersebut memang sbg penguasa Hijaz, tapi sbg Gubernur dibawah Khilafah Turki Usmani.

..sekitar akhir tahun 1700an kaum Wahabi mulai muncul dan berbuat onar atas nama doktrin takfir. ..dan pada tahun 1800an kaum Wahabi menyerbu ke kota2 kaum Muslimin di : Thaif, Basrah, Karbala dan Hijaz (wilayah Turki Usmani).

Tahun 1811 Turki Usmani mengirim pasukan dari Mesir menumpas pemberontakan dan keonaran yang dilakukan oleh kaum Wahabi.

Pasukan Turki berhasil menumpas pemberontakan keonaran kaum Wahabi bahkan th 1818 terus menyerbu sampai ke Di’riyah, shg memaksa Klan Saud mengakui kekuasaan Turki Usmani.

Seiring melemahnya Turki Usmani pada perang dunia pertama, Kaum Wahabi kembali menguat dibawah pimpinan Abdul Azis al Saud dan lalu berhasil menguasai Hijaz pada tahun 1924.

Turki Usmani yang sudah lemah tidak mampu berbuat apa-apa hingga runtuh di tahun 1926.

Inilah Grand Designnya Inggris, ingin melemahkan dan meruntuhkan Khilafah Islam Turki Ottoman.
Strategi dari luar : Konfrontasi perang langsung melawan tentara Turki Usmani.
Strategi dari dalam : Mendorong antek2 regional agar mau memberontak melepaskan diri dari Khilafah Turki Usmani, yaitu : Kaum Wahabi di Saudi, Raja Faisal di Irak, Raja Ali Bin Hushein di Yordan, Muhammad Ali Pasha di Mesir dan Gerakan Sekulerisme TURKI MUDA didalam Turki sendiri.

..maka pada tahun 1916 : Perjanjian penentuan batas wilayah dilaksanakan. Disinilah Komisioner tinggi Inggris Sir Percy Cox dengan mengambil kertas dan pena menentukan batas2 wilayah kerajaan2 di Timur Tengah sebagai kerajaan2 nasional yang berdaulat lepas dari Khilafah Turki Ottoman.

Batas wilayah yang dibuat oleh Sir Percy Cox dipatuhi sbg batas wilayah negara di Timur Tengah sampai sekarang, yang dulu merupakan bagian wilayah dibawah kekuasaan Khilafah Islam Turki Usmani.

TINGGALKAN KOMENTAR