Fakta Tentang Botol Susu

Fakta Tentang Botol Susu

BAGIKAN

Fakta Botol Susu

Banyak para ibu dikota besar meninggalkan bayi mereka dengan botol susu, sementara mereka bekerja. Memilih botol susu tidak harus sembarang memilih, karena juga berhubungan dengan kesehatan bayi. Ada beberapa fakta yang baiknya diperhatikan ketika memilih botol susu dan juga menggunakannya.

    Antara botol kaca dan plastik. Jaman dulu ibu-ibu suka memberikan bayinya botol dari kaca, jaman kini tidak. Tapi pastikan botol susu bayi anda bebas bisphenol A (BPA), bahan kimia berbahaya yang digunakan untuk beberapa jenis plastik.

    Dot. Kebanyakan dot dibuat dari silikon atau lateks/karet. Periksa dot secara teratur agar tidak aus atau retak. Gantilah dot jika sudah retak atau berubah warna.

    Sterilisasi botol dan dot sebelum digunakan. Sterilkan keduanya sekitar 5 menit. Setelah itu, boleh dicuci dengan deterjen atau air biasa dan hindari mencuci dengan air panas.

    Isi botol susu hanya ASI atau susu formula. Lebih baik tidak memberikan bayi anda jus dalam botol. Jika ingin memberikan susu formula, jangan terlalu kental sehingga memberatkan kerja ginjal bayi.

    Berikan bayi susu botol hangat. Sebenarnya tidak masalah mau air dingin atau suhu kamar, tetapi akan lebih baik dengan air hangat. Cukup botol susu ditaruh di tempat/baskom yang berisi air hangat selama 1-2 menit dan tidak dimasukkan ke dalam microwave. Kocok botol lalu tuang setetes pada tangan anda untuk mengetahui apakah hangat atau tidak atau bahkan terlalu panas.

 

    Jangan sampai tersedak. Taruh bayi pada tangan dengan posisi kepala lebih tinggi dari badan, siapkan handuk kecil di lehernya untuk mencegah bayi muntah. Berikan botol susu dengan posisi lebih tinggi dari mulutnya, sampai bayi kenyang dan akan bersendawa.

    Jangan tinggalkan bayi saat menyusu sendirian. Meninggalkan bisa mengakibatkan resiko tersedak atau jika bayi tertidur dengan botol susunya bisa terkena karies gigi.

    Perubahan susu formula. Jika bayi mudah diare, muntah, rewel, kulit memerah sehabis minum susu formula, tandanya dia kena alergi. Segera ke dokter dan diskusikan susu formula yang cocok untuk bayi anda

    Sampai berapa lama bisa menyimpan susu dalam botol? Jika di kulkas, untuk susu formula bisa sekitar 48 jam, tetapi di luar hanya sampai 2 jam. ASI bisa bertahan sampai 7 hari dalam kulkas., atau dibekukan sampai 3 bulan

TINGGALKAN KOMENTAR