Cinta Buta Cinta Sesat

Cinta Buta Cinta Sesat

BAGIKAN

Golongan yang di ceritakan Allah tentang cinta yang melampaui batas adalah kaum nabi luth. Allah berfirman “dan datanglah penduduk kota itu (ke rumah luth) dengan gembira (karena) kedatangan tamu-tamu itu. Luth berkata ‘sesungguhnya mereka adalah tamuku, maka jangan kamu memberi malu (kepadaku). Dan bertakwalah kepada Allah dan jangan kamu membuat aku terhina. Mereka berkata, ‘dan bukanlah kami telah melarang kamu dari (melindungi) manusia. Luth berkata ‘inilah putra-putri (negeri) ku (kawinlah dengan mereka), jika kamu hendak berbuat (secara halal). (Allah berfirman), ‘demi umurmu (muhammad), sesungguhnya mereka terombang ambing di dalam kemabukan (kesesatan)” (AL-HIJR : 67-72).

Hukum-hukum cinta buta

Jika cintanya melebihi cinta kepada Allah maka jenis cinta ini jenis dosa cinta yang sesat. Salah satu tanda-tanda kesesatan ini adalah mengutamakan keridhoan dan kesenangan orang yang di cintainya dari pada keridhoan dan kesenangan Allah. Dalam cinta buta tidak ada sama sekali maslahat dunia dan agama, bahkan sebaliknya ia mengundang mafsadah agama dan dunia yang berlipat-lipat. Diantaranya :

1. Ia di sibukkan dengan mengingat-ingat mahluk.

2. Hatinya akan tersiksa, karna barang siapa yang mencintai selain Allah ia akan tersiksa dengannya. Seorang penyair brkata ” tak ada yang lebih sengsara di bumi dari pada orang yang kasmaran, jika ia bertemu dengan orang yang di cintainya ia senang, dan ia menangis setiap saat karna takut berpisah atau memendam rindu, ia menangis ketika jauh dengannya karena rindu, dan ia menangis ketika berada di sampingnya karna takut berpisah, air mata berlinang ketika berpisah dan air mata berlinang ketika bertemu”

3. Hatinya tertawan dan terhina dalam genggaman orang yang di cintai. Namun karna ia mabuk cinta ia tidak merasakan musibah yang menimpanya.

4. Ia di sibukan oleh ma’syuq-nya dari urusan maslahat agama dan dunianya.

5. Bahaya-bahaya dunia dan akhirat lebih cepat menimpa kepada orang yang di rundung cinta buta.

6. Jika kekuatan setan menguasai seseorang, ia akan merusak akalnya dan memberikan rasa was-was.

7. Cinta buta akan merusak indera atau mengurangi kepekaannya.

8. Seperti yang telah di sebutkan berlebihan dalam mencinta hingga orang yang di cintanya sudah pada tingkat menguasai dan mengendalikannya. Fikirannya di penuhi oleh orang yang di cintanya dan tak pernah hilang dari pikirannya.

Salam Warkoper

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR