Belajar Berpuasa

Belajar Berpuasa

BAGIKAN

Belajar BerpuasaSebentarlagi ramadhan, bagi umat islam, ramadhan menjadi bulan untuk berpuasa. Selama terbit fajar, maka yang menjalankan puasa tidak diperkenankan untuk makan, minum, merokok dan melakukan hubungan seksual. Begitu juga jika ada adik-adik yang ingin belajar berpuasa.

Adik-adik memang tidak ada kewajiban untuk berpuasa, kecuali jika sudah besar, biasanya sekitar umur 14-15 tahun, karena sudah menandakan ciri-ciri orang dewasa. Lantas, apakah adik-adik tidak boleh berpuasa? Tentu saja boleh, untuk tahapan belajar agar nanti setiap puasa ramadhan berikutnya tidak lagi ragu. Puasanya berapa jam? Syukur-syukur sih, bisa sampai magrib loh, tapi kalau tidak juga gak apa, namanya juga belajar.

Lalu.. apa sih yang baiknya dilakukan adik-adik dalam berpuasa?

Jangan lupa bangun sahur. Bangun sahur dan makan penting supaya badan bisa kuat berpuasa dan tidak lelah. Minta tolong dibangunkan sahur sama orangtua. Yang paling baik adalah makan sahur tidak terburu-buru dan tidak juga terlalu cepat. Misalnya imsak sekitar pukul 4.30 pagi, adik-adik bisa makan jam 4.00 pagi. Contoh makan sahur misalnya: nasi ½ piring, ikan 1 potong, susu 1 gelas, buah 1 potong, dan minum air putih minimal 2 gelas.

Buka puasa tidak ditunda-tunda. Jika adik-adik kuat menahan lapar dan haus sampai waktu magrib, sebaiknya begitu adzan langsung berbuka, tidak ditunda-tunda. Dan berbukalah dengan yang manis, tetapi secukupnya saja, tidak langsung kenyang. Misalnya dengan minum air putih segelas/sirup segelas, lalu kurma atau kue manis.

Makan lagi sehabis magrib. Sama saja dengan makan malam, menunya bisa nasi, sayur, lauk-pauk, jus atau buah.

Jangan lupa makan sayur dan buah. Sayur dan buah menyediakan vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat supaya tubuh tetap sehat disaat puasa. Kalau bingung, kapan makan buah atau tidak sempat saat sahur atau buka, buah boleh dimakan sehabis sholat tarawih atau sebelum tidur.

Boleh minum suplemen. Jika adik-adik sedang minum suplemen tertentu misalnya Vitamin C atau multivitamin lain, boleh saja diminum setelah makan malam atau setelah sahur.

Tidak memaksa diri kalau tidak kuat. Namanya juga lagi belajar, akan lebih bagus kalau adik-adik bisa tahan sampai magrib. Tapi kalau misalnya tidak tahan lagi, perut sakit, lemas atau bahkan misalnya sampai mau pingsan, lebih baik berbuka. Besok baru diteruskan lagi sampai benar-benar bisa berbuka sampai magrib

Beraktivitas pilih waktu. Boleh bermain, yang lebih tepatnya saat sore hari. Kalau bermain siang atau pagi hari dikhawatirkan keburu habis energi sehingga bisa lemas dan puasa adik-adik terganggu.

Minum air sekitar 6 gelas/hari. Walau berpuasa, baiknya tubuh adik-adik juga tidak terlalu kering, supaya tidak gampang sakit. Selama sahur, buka dan makan malam, tetaplah minum air putih yang cukup.

Boleh olahraga. Kalau memang adik-adik suka sekali dengan berolahraga, boleh kok. Bagusnya sore, supaya nanti tidak kecapean. Kalau olahraga pagi, bisa-bisa kehabisan energy dan jadi cepat buka.

Jangan lupa berdoa. Sebelum makan, jangan lupa berdoa, supaya apa yang dimakan akan menguatkan badan.

Selamat berpuasa!

2 KOMENTAR

  1. Mbah, foto anak kecil puasa ini karya foto saya. Kenapa jadi pake watermark ‘warkopMbahlahar’? Dengan menggunakan foto-foto saya tanpa ijin pun anda telah melanggar hakcipta. Apatah lagi main klaim pake watermark. Saya minta anda menghapus foto-foto saya tadi.

  2. Banyak belajar melatih puasa pada anak, ini referensi yang cukup bagus, tetap melatih dan membimbing mereka dengan menyesuaikan kondisi dan umur anak.

TINGGALKAN KOMENTAR