Syekh Ahmad Mutamakkin (Mbah Mad)

Syekh Ahmad Mutamakkin (Mbah Mad)

BAGIKAN

Sejarah awal mula datangnya Islam dan cara penyebarannya di Indonesia banyak versi dan dari beberapa teori yang muncul mempunyai dasar dan sudut pandang yang berbeda.
Perbedaan pendapat diantara para ahli tersebut berkisar pada, kapan datangnya, siapa yang menyebarkannya dan melalui jalur mana serta dengan cara seperti apa, hingga pada motif pertanyaan mengapa Islam dapat menjadi pandangan mayoritas masyarakat Indonesia dengan berbagai aliran dan varian golongannya.
Mungkin yang lebih menarik diteliti lebih jauh mengapa Islam bisa diterima oleh bangsa kita melebihi agama yang lain bahkan melampaui tradisi lama yang telah sekian abad menjadi keyakinan masyarakat.

Namun demikian para ahli secara umum berpendapat, penyebaran Islam di Indonesia terjadi secara berangsur-angsur, bersifat variatif dan berlangsung dalam kurun waktu yang lama.
Batu nisan di Leran Gresik memberi petunjuk kemungkinan telah ada komunitas Islam yang berkembang di daerah itu pada sekitar tahun 475 Hijriah ( 1082 M).
Sementara Marcopolo dalam catatannya sempat singgah 5 bulan di daerah Sumatra pada tahun 1292 M, dia menceritakan adanya kota pelabuhan Islam Perlak yang telah ramai pada waktu itu, baru pada tahap selanjutnya melalui jalur perdagangan ke seluruh penjuru Nusantara Islam menyebar pada sekitar abad ke-XV-XVI. Lanjut

2 KOMENTAR

  1. Kesimpang siuran islam di Indonesia seperti ada upaya misioner2 belanda sehingga legitimasi sejarah menjadi lemah, dan berbagai persepsi miringpun mudah diserap antar satu sama lainnya..

    Bandingkan dengan para muhaddits, yang mencatat keseharian dan perilaku Rosulullah SAW begitu detail dan dapat diperujikan keakuratannya.

    Wallahua’lam

TINGGALKAN KOMENTAR