19 Kebiasaan Jelek Yang Merusak Gigi

19 Kebiasaan Jelek Yang Merusak Gigi

BAGIKAN

Aisha 19 kebiasaan jelek yang merusak gigi

Ada beberapa kebiasaan jelek yang bikin gigi makin sensitif, berlubang atau copot. Apa saja itu?

 

   1. Mengunyah es batu. Kunyah es batu memang bebas gula dan bebas karbohidrat, tapi jangan berfikir tidak berbahaya. Mengunyah es batu dapat merusak enamel gigi, mengiritasi jaringan lunak dan jika jadi kebiasaan, dapat menyebabkan sakit gigi. Baik makanan terlalu panas atau dingin dapat memicu sakit gigi.

 

   2. Berolahraga gak pake pelindung mulut. Sepakbola, tinju, hoki olahraga keras yang rawan untuk gigi. Self-pass pelindung mulut dan gigi bisa dibeli di toko olahraga atau dokter gigi.

 

  3.  Minum pakai botol pas waktu tidur. Memberikan bayi botol jus, susu, atau susu formula dapat membusukkan gigi.

 

  4.  Tindik lidah. Trendi sih trendi, tapi tindik lidah bukan pilihan trendi yang bagus. Resikonya dapat merusak gusi dan copot gigi. Mulut juga merupakan surga bagi bakteri, sehingga tindikan meningkatkan risiko infeksi dan luka.

 

   5. Gigi gemeretuk (bersuara). Gigi gemeretuk atau bruxism terjadi karena kebiasaan tidur dan stress. Menghindari makanan keras siang hari dapat mengurangi rasa sakit dan kerusakan karena kebiasaan ini.

 

   6. Permen pelega batuk. Permen pelega batuk bukan berarti bebas gula. Sikat gigi dengan baik sebelum tidur karena gula dari obat batuk bisa lengket dan menempel di lapisan gigi. Kemudian bakteri dalam plak mengubah gula menjadi asam yang menggerogoti enamel gigi.

 

   7. Permen kenyal. Permen manis meningkatkan kerusakan gigi. Permen kenyal nempel di gigi, gula dan asamnya menempel lengket di enamel berjam-jam.

 

   8. Minuman bersoda. Segelas soda mengandung 11 sendok the gula. Soda juga mengandung asam fosfat dan sitrat yang menggerogoti enamel gigi.

 

   9. Buka kemasan dengan gigi. Kebiasaan buka tutup botol atau kemasan plastik pake gigi memang simple, tapi bisa membuat gigi retak dan terbelah. Gigi hanya untuk makan, bukan sebagai pembuka botol.

 

   10. Minuman olahraga. Minum minuman berolahraga memang menyegarkan, tetapi biasanya tinggi gula. Seperti soda atau permen, gula minuman olahraga membuat serangan asam pada enamel gigi, hingga sering minum menyebabkan pembusukan gigi.

 

   11. Jus buah. Jus Buah yang sarat dengan vitamin dan antioksidan, namun sayangnya kebanyakan jus juga sarat gula. Beberapa jus dapat mengandung gula sama banyak dengan soda. Misalnya, ada 10 gram lebih banyak gula dalam soda jeruk daripada jus jeruk. Pilih buah-buahan alami yang manis sehingga masih dapat merasakan manisnya jus.

 

   12. Potato chips. Bakteri dalam plak juga akan memecah makanan bertepung menjadi asam. Asam ini bisa menyerang gigi selama 20 menit berikutnya – bahkan lebih lama jika makanan yang terjebak di antara gigi karena suka makan makanan ringan.

 

   13. Ngemil melulu. Ngemil melulu mengurangi produksi air liur pada saat makan, sehingga meninggalkan sisa makanan di sela-sela gigi. Hindari terlalu sering ngemil dan kalau mau, ngemil yang rendah gula, misalnya apel atau wortel.

 

   14. Gigit ujung pinsil. Suka banget gigit ujung pensil saat stress atau bahkan terlalu konsentrasi? Siap-siap gigi mudah retak.

 

   15. Terlalu banyak minum kopi. Kopi dan asamnya membuat gigi berwarna kuning dan bisa dikurangi dengan pemutihan.

 

   16. Merokok. Rokok, serta produk tembakau lainnya, bisa menodai gigi dan menyebabkan penyakit gusi. Tembakau juga dapat menyebabkan kanker mulut, bibir, dan lidah.

 

   17. Minum anggur merah. Asam dalam anggur menggerogoti enamel gigi, membuat bintik-bintik kasar yang membuat gigi lebih rentan terhadap noda. Anggur merah juga mengandung pigmen yang disebut dalam chromogen dan tanin, yang membuat warna pada gigi. Kombinasi ini membuat warna merah tinggal di gigi.

 

   18. Minum anggur putih. Sama saja dengan anggur merah, anggur putih pun bisa membuat enamel gigi tipis dan berwarna kuning.

 

   19. Hobi makan manis dalam skala besar. Hobi makan permen, atau hal lain yang manis-manis bikin kerusakan gigi. Begitu juga dengan penyakit bulimia karena asam yang kuat dapat mengikis gigi.

TINGGALKAN KOMENTAR