April 24, 2014
Home » sastra

sastra

Arti Peradaban

Peradaban adalah keseluruhan budaya, kreasi dan peri hidup masyarakat. Peradaban pasti mewadahi keragaman. Semakin beraneka keragamannya, semakin besar peradabannya, asalkan masyarakat yang bersangkutan menghidupi keragaman itu dalam kedamaian. Walaupun mengandung keragaman, setiap peradaban memiliki konstruksi yang khas dan unik berdasarkan elemen-elemen utama yang menyusun sendi-sendinya. Yang diklaim sebagai peradaban Islam adalah peradaban yang sendi-sendi utamanya dapat dinisbatkan kepada Islam. Dalam ... Read More »

Pantun Negri Jenaka

Pantun Negri Jenaka

Mari berpantun Bolehlah tanggalkan sedikit santun Berceloteh tentang sebuah negeri Tempat kita berpijak dan kelak mati Negeri para cendikia yang berlagak pandir Pongah bertingkah kesampingkan pikir Bermain peran layaknya sandiwara Mengundang tawa meski sebenarnya tak jenaka Negeri para pendusta Dimana para pemimpin tak lagi dapat dipercaya Lantang bersuara berkoar tentang keadilan Riuh bergemuruh propaganda tentang kemakmuran Bersilat lidah atas nama ... Read More »

PERLAKUAN KATA RAMBUT MENJADI JEMBUT

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Para pembaca yang Budiman,   Bermula dari hasrat untuk mengobati rasa kangen menulis, juga dalam rangka menindaklanjuti pengumuman lomba karya tulis di Warkop Mbah Lalar maka kuikutsertakan tulisanku ini. Semoga menambah khasanah keberagaman bacaan dan memperluas cakrawala wacana dalam ajang ini. Selamat membaca dan semoga berkenan…   ***   Segala sesuatu, apa pun itu, sebenarnya memiliki nilai ... Read More »

PERJAMUAN AGUNG

  Tuan Besar Jalal adalah juragan yang sangat kaya raya. Hartanya tiada terbilang. Disamping sangat kaya Beliau terkenal sangat dermawan, pandai, bijaksana, penuh welas asih, suka menolong. RumahNya adalah istana yang luasnya tak terbandingkan dengan kerajaan manapun di dunia ini. Barangkali Beliau adalah memang benar benar yang paling kaya di dunia ini. Karena istana dari kerajaan manapun tak ada yang ... Read More »

AL HIKMAH

Kekejaman Wahhabi

AL-HIKMAH   Berjalanlah di Muka bumi dengan Mata hatimu, Jangan berjalan dengan mata Telanjangmu karena Tak ada kisah orang Buta yang salah Pintu.   Kecapilah lebih dulu sebelum Engkau memberikan sesuatu terhadap Tetanggamu, sebelum Ia mengutarakan Rasa itu padamu   Insan kamil ia selalu merasa Kecil dan tak pernah merasa Terkucil Namun Insan Kabir ia selalu merasa Al-Khoir   Bila ... Read More »

Arti 17 Agustus

042613_0156_Arti17Agust1.jpg

Oleh Amrullah karem dengan judul   Bismillah….   Alhamdulillah.. Berkat rahmat Allah Subhanahu Wata’ala dan didorong dengan keinginan luhur supaya berprikehidupan kebangsaan yang bebas, adil dan makmur maka Bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya…   Hari ini, 66 tahun silam, 17 Agustus bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan, Soekarno-Hatta atas nama Bangsa Indonesia menyatakan PROKLAMASI KEMERDEKAAN BANGSA INDONESIA…   Hari ini, 17 Ramadhan ... Read More »