April 25, 2014
Home » Ngaji » Tafsir

Tafsir

Antara Adzab Dan Peringatan

Seorang Muslim yang peka, alias bashirohnya sensitip, akan menyikapi apapun yang terjadi pada diri atau lingkungannya sebagai PERINGATAN ALLAH, sekecil apapun musibahnya, seperti tersandung kerikil atau tertusuk duri saja akan secepatnya membangun sikapnya untuk kembali kepada Allah. Banyak sekali Ayat ayat di dalam Alquran yang menceritakan kaum kaum terdahulu yang dibinasakan akibat kekufurannya kepada Allah, seperti Kaum Tsamud dengan gelegar ... Read More »

Kesia-siaan Berjihad?

Kesesia siaan Berjihad

Berita akhir-akhir ini dipenuhi dengan berita-berita tentang Jihad, perjuangan membela agama, baik yang ada di Indonesia, maupun Timur Tengah. Dalam kaitan ini perlu kiranya kita mencermati kandungan Surat Ali Imran (21-22) sebagai bentuk introspeksi dalam memaknai Perjuangan-perjuangan tersebut.  Surat Ali Imran (21) menyebutkan :      “Sesungguhnya orang orang yang mengkufuri Ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi tanpa hak, dan ... Read More »

Makna Jihad Dan Perang Dalam Al-Quran

Makna Jihad

Bismillahir rohmanir rohim. Alhamdulillahi robbil ‘alamiin, Asholatu wassalaamu ‘ala saiyidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma’iin. A. Makna Jihad. Jihad secara bahasa berasal dari -jaahada, yujaahidu, jihaadan- yg berarti sungguh, sungguh-sungguh, atau berusaha dengan sangat keras untuk mencapai tujuan. Dan di dalam kitab suci Al Qur’an terbagi dalam : - Jihad Fi Sabilillah terdapat pada : Q.S : 2:218, ... Read More »

KHAWARIJ ADALAH

Khawarij

     Seseorang yang bernama Mahrus Ali dan mengaku sebagai mantan Kyai NU dalam blognya Mantan Kyai Nu menuduh Ahli Tafsir Syaikh Ahmad bin Muhammad ash-Shawi al-Maliki (w 1214 H) sebagai seorang yang keblinger (sesat), berikut yang dikatakan Mahrus Ali:  Berawal dari beberapa artikel yang berhasil membongkar kebusukan Wahhabi dalam mentahrif kitab Al Showi yang aslinya menyebutkan suatu penafsiran Surat ... Read More »

NABI MUHAMMAD ADALAH CAHAYA

Cahaya-Muhammad

  Kembali kepada Al Quran dan Hadits dengan pemahaman para Salaf adalah jalan yang diyakini sebagai yang dapat menghantarkan seseorang untuk memahami Agamanya, dan bahkan kelompok Salafi/Wahhabi sangat gencar menyuarakan ini, dengan maksud apapun yang terambil dari Agama ini haruslah sama persis dengan apa yang telah dijelaskan oleh Alquran dan hadits secara Dhohirnya, tanpa takwil, takyif dan ta’thil. Namun berkenaan ... Read More »

Proposal Pembangunan

Proposal Pembangunan

Ayat ini terlalu terkenal dikalangan Muslim, bahwa bencana yang timbul di daratan dan lautan itu adalah akibat ulah Manusia itu sendiri. Namun bukan karena itu kali ini saya ingin menampilkannya, tapi ada sesuatu yang harus dipahami dari ayat tersebut. ظهر الفساد في البر والبحر بما كسبت أيدي الناس ليذيقهم بعض الذي عملوا لعلهم يرجعون “Telah nyata kerusakan di Daratan dan ... Read More »