April 17, 2014
Home » Ngaji » Fiqih

Fiqih

Jari-Jari Tasbih

jari-jari tasbih

“Berdasarkan dalil yang sahih Nabi Muhammad itu berdzikir dengan menggunakan jarinya.” Bangkak ngedumel.   “Ada masalah kang?” Sahut Mbah Lalar.   “Tentu saja bermasalah, kenapa Mbah Lalar berdzikir menggunakan tasbih, ajaran dari mana itu? Bangkak semakin sewot.   “Lho, saya juga menggunakan tangan kok!” Mbah Lalar bernada serius.   “Lha, yang Mbah pegang itu apa?” Tanya Kang Bangkak.   “Tasbih….” ... Read More »

HUKUM MENARI

Hukum Menari

PASAL TENTANG HUKUM MENARI oleh Mumu Bsa   فصل في الرقص وقد اختلف فيه الفقهاء: فذهبت طائفة إلى الكراهة، منهم: القفال حكاه الروياني في البحر، وقال الأستاذ: أبو منصور: تكلف الرقص على الإيقاع مكروه. وذهبت طائفة إلى اباحته، قال صاحب العمدة من الشافعية: الغناء مباح أصله، وكذلك ضرب القضيب، والرقص، وما أشبه ذلك، وقال إمام الحرمين: الرقص ليس بمحرم، فإنه ... Read More »

Memahami Istilah Fiqih

kitab fiqih

Agaknya dikalangan salafi Indonesia dan pada umumnya telah salah memahami istilah fiqih, syari’at, Hadits, Sunnah, dan Al Quran, mereka mengira bahwa Hadits adalah fiqih, Ayat Al Quran juga Fiqih, bahkan terjemahan juga fiqih, karena itu banyak kita temui slogan kembali kepada Laquran dan Hadits dengan membabi buta. Mereka sangat tidak memahami fiqih yang dimaksud adalah sebuah hasil pemikiran yang menuntut ... Read More »

Perjodohan Dalam Islam

1378470672

Islam merupakan salah satu agama yang suka memberi tuntunan hidup. Hidup tanpa aturan dalam kondisi tertentu bisa melahirkan benturan di sana-sini. Memang tidak setiap hal diatur. Dalam sejumlah hal, Islam memberikan keleluasaan pemeluknya untuk mengatur. Namun begitu, Islam tidak mengatur sepenuhnya dalam satu urusan. Misalnya saja perjodohan. Artinya, Islam tidak mengatur anak lurah harus kawin dengan siapa. Selain kedudukan lurah ... Read More »

PEMBAGIAN BID’AH DALAM KITAB HADITS "SHOHIH MUSLIM BI SYARHI AN-NAWAWI"

  Di dalam kitab hadits “Shohih Muslim bi Syarhi an-Nawawi” jilid 4 halaman 104-105, cetakan “Darul Fikr” Beirut Libanon (lihat dan simak tulisan yang ada di foto !) diterangkan tentang masalah pembagian bid’ah yang bersumber dari sabda Nabi saw, yaitu: مَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً حَسَنَةً فَلَهُ أَجْرُهَا وَأَجْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا بَعْدَهُ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْءٌ ... Read More »

Adakah Tarawih 8 Rokaat

Adakah Tarawih 8 Rokaat

Bagi orang yang mengenal hadits-hadits Nabi Muhammad SAW dan perkataan para Ulama tentu amat sangat mudah untuk mengetahui bahwasannya Sholat tarawih 8 roka’at itu tidak pernah diambil dari Nabi Muhammad SAW dan juga tidak pernah dilakukan oleh para Sahabat-Sahabat beliau khususnya para Khulafaur Rosyidin. Maka, jika ada yang mengikuti pendapat ini (taraweh 8 roka’at) lalu berhujjah ini adalah Sunnah Nabi Muhammad ... Read More »