July 24, 2014
Home » Ngaji

Ngaji

Antara Adzab Dan Peringatan

Seorang Muslim yang peka, alias bashirohnya sensitip, akan menyikapi apapun yang terjadi pada diri atau lingkungannya sebagai PERINGATAN ALLAH, sekecil apapun musibahnya, seperti tersandung kerikil atau tertusuk duri saja akan secepatnya membangun sikapnya untuk kembali kepada Allah. Banyak sekali Ayat ayat di dalam Alquran yang menceritakan kaum kaum terdahulu yang dibinasakan akibat kekufurannya kepada Allah, seperti Kaum Tsamud dengan gelegar ... Read More »

Jari-Jari Tasbih

jari-jari tasbih

“Berdasarkan dalil yang sahih Nabi Muhammad itu berdzikir dengan menggunakan jarinya.” Bangkak ngedumel.   “Ada masalah kang?” Sahut Mbah Lalar.   “Tentu saja bermasalah, kenapa Mbah Lalar berdzikir menggunakan tasbih, ajaran dari mana itu? Bangkak semakin sewot.   “Lho, saya juga menggunakan tangan kok!” Mbah Lalar bernada serius.   “Lha, yang Mbah pegang itu apa?” Tanya Kang Bangkak.   “Tasbih….” ... Read More »

HUKUM MENARI

Hukum Menari

PASAL TENTANG HUKUM MENARI oleh Mumu Bsa   فصل في الرقص وقد اختلف فيه الفقهاء: فذهبت طائفة إلى الكراهة، منهم: القفال حكاه الروياني في البحر، وقال الأستاذ: أبو منصور: تكلف الرقص على الإيقاع مكروه. وذهبت طائفة إلى اباحته، قال صاحب العمدة من الشافعية: الغناء مباح أصله، وكذلك ضرب القضيب، والرقص، وما أشبه ذلك، وقال إمام الحرمين: الرقص ليس بمحرم، فإنه ... Read More »

MAYAT MEMBACA AL-QUR’AN DI DALAM KUBURAN

PERPUSTAKAAN PRIBADI “MUHAMMAD THOBARY SYADZILY AL-BANTANI” Nama kitab: Syarhu ash-Shudur bi Syarhi Hal al-Mawta wal Qubur Karya: Imam Jalaluddin as-Suyuthi Tebal: 312 halaman Cetakan: Darul Fikr, Beirut – Libanon Pada zaman Nabi saw ada mayat dari golongan waliyullah membaca Al-Qur’an di dalam kuburannya sendiri. Hal itu diterangkan di dalam kitab “Syarhu ash-Shudur bi Syarhi Hali al-Mawta wal Qubur”, karya Al-Muhaddits ... Read More »

Kotbah Jumat : Delapan Tuntunan Imam Qusyairi Menuju Taqwa

1383200860.jpg

Marilah di akhir tahun kita tingkatkan ketaqwaan kita dengan mengingatkan diri kita akan berbagai kesalahan yang telah kita kerjakan dan bertekad untuk tidak terulangnya pada tahun mendatang. Imam Qusyairi pernah menyatakan delapan hal yang dapat menghantarkan seseorang menuju ketaqwaan الحمد لله على نعمه فى أول الشهر من السنة الهجرة التامة, الذى جعل هذا اليوم من أعظم الأيام الرحمة, أحمده حمد ... Read More »

Tauhid Uluhiyyah Dan Rububiyyah

Penjelasan Tauhid Uluhiyyah dan Rububiyyah

  Mentauhidkan Allah sebagaimana selaras dengan arti yang terkandung dalam kalimat Allah itu sendiri. Kalimat ألله merupakan kalimat dimana makna2 bertemu dengan mashdar2nya, antara lain, ألهت إلى زيد : إذا سكنت إليه واطمأننت “Saya nyaman kepda zaid “ketika saya berdiam diri dan tentram kepadanya. أله الرجل : إذاستجار Seorang Lelaki meminta pertolongan: ketika dia bersanding. أله الرجل إلى الجل : ... Read More »