April 21, 2014
Home » mozaik » CIRI CIRI WAKTU

CIRI CIRI WAKTU

Arabic blue

Sapaan pagi.
Tabiat waktu yaitu cepat berlalu, manusia akan saling melihat betapa pendek umur yang telah mereka lewati dan waktu yang telah mereka lalui.
Alloh berfirman :”Dan (ingatlah) akan hari (yang waktu itu) Alloh mengumpulkan mereka, (mereka merasa di waktu itu) seakan-akan mereka tidak pernah berdiam (di dunia) hanya sesat saja di siang hari (di waktu itu) mereka saling berkenalan. Sesungguhnya rugilah orang-orang yang mendustakan pertemuan mereka dengan Alloh dan mereka tidak dapat petunjuk.” (QS. Yunus : 45)
Pada ayat ini Alloh menyebutkan keberadaan mereka di dunia atau di dalam kubur sangatlah singkat itu menambah rugi kita (manusia).
Penyair menyebutkan :
Tahun-tahun perjumpaan dan kebahagiaan telah berlalu.
Tersa amat pendek seakan beberapa hari saja.
Sesudah itu datanglah hari-hari perpisahan.
Terasa amat panjang seakan bertahun-tahun.
Kemudian lewatlah tahun-tahun bersama pemiliknya.
Seakan semua berlalu bagaikan mimpi.
Bagaimanapun panjangnya umur manusia didalam kehidupan ini sebenarnya amat pendek.
Selama kematian itu merupakan titik akhir bagi mahluk hidup.
Semoga bermanfaat.Sapaan pagi.
Ciri waktu yang kedua adalah MUSTAHIL KEMBALI. Setiap detik, menit, jam, ataupun hari ia lewat begitu cepat. Semua itu terus berlalu dan tak akan dapat kembali. Hal ini pernah diungkapkan oleh Imam Hasan Al Bishri dalam kata-kata singkatnya :
“Tiada hari tanpa menyeru, ‘Hai anak adam, aku adalah makhluk baru, dan aku menjadi saksi terhadap amalmu. Maka berbekallah denganku; sebab jika aku sudah lewat, tak mungkin bisa kembali sampai hari kiamat.”
Begitu cepatnya waktu berlalu sehingga setiap orang terutama orang tua terkadang berangan-angan ingin berbalik kemasa lalu, terlebih masa remaja. Seorang penyair berkata :
“Ketahuilah, seandainya masa remaja itu akan kembali pada suatu saat, niscaya akan aku beritakan apa yang aku berbuat pada masa tua.”
penyair lain menggambarkan :
“Seseorang itu tidak lain adalah penunggang punggung umurnya dalam suatu perjalanan yang dikikis habis oleh hari-hari dan bulan.
Ia tidur dan terjaga setiap hari. Semakin lama, semakin jauh dari dunia, tapi semakin dekat dengan kubur.”
ingat! Waktu tidak akan pernah kembali.
Semoga bermanfaat.
Sapaan pagi.
Ciri ketiga dari waktu adalah HARTA TERMAHAL bagi manusia. Karena waktu merupakan sarana beraktivitas, waktu merupakan modal pokok bagi manusia baik secara individu maupun masyarakat.
Waktu bukanlah emas seperti yang sering dikatakan oleh peribahasa selama ini, tetapi waktu itu lebih mahal dari pada emas, permata, Intan berlian, atau pun batu mulia.
Syekh Hasan Al Banna mengatakan “Waktu adalah kehidupan”. Orang yang tidak menghargai waktu kelak hidupnya akan menyesal. Di suatu saat ia akan menyadari betapa bernilai dan mahalnya amal dan kehidupan manusia. Namun kesadaran itu sudah terlambat. Ada dua situasi saat manusia menyesal karena kehilangan waktu ;
Pertama : Saat pencabutan ruh dari jasad lalu masuk kedalam kubur, manusia ingin diberikan masa pengunduran atau waktu penundaan ajal barang sebentar, ia berjanji akan memperbaiki apa yang telah rusak pada dirinya selama ini. Ia ingin mengejar kembali apa yang telah ia lewatkan.
Firman Alloh menyebutkan :

“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang diantara kamu; lalu ia berkata, Ya Tuhanku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian) ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang sholih.” (QS. Al munafiqun : 10)
Pertanyaan dan keinginan orang yang menyesal itu kemudian dijawab oleh Alloh :”Dan sekali-sekali Alloh tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila datang waktu kematiannya. Dan Alloh Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan. (QS. Al Munafiqun : 11).

(bersambung)
Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>