April 20, 2014
Home » Ngaji » Fiqih » Rabo Wekasan

Rabo Wekasan

Hakekat Rabo Wekasan

Hari Rabu Pada akhir Bulan Shofar diterangkan oleh beberaa Ulama’ Ahli Kasyaf, menerangkan bahwa pada Hari tersebut Alloh SWT menurunkan 300.000 baliyyat ( Bala’ ), dan ada yang mengatakan 320.000 Baliyyat dalam setiap tahunnya, yakni di turunkan pada Hari Rabu akhir bulan Shofar, sebagian muslim menyebutnya sebagai Rabu Wekasan ( entah penulis belum mendapatkan data, mengapa disebut seperti itu ).

 

Syeikh Ali Al Buniy dalam Kitab Al Firdaus juga menerangkan hal yang sama, yakni sesungguhnya Alloh SWT menurunkan Bala’ dalam satu tahun, diturunkan pada hari Rabu akhir bulan Shofar. Keterangan tersebut bisa di buka di Kitab Mujarrabat al-Dairabi al-Kabir,atau Kitab Kanzun Najah was Surur karya Syeikh Abdul Hamid Al Qudsi ( Ulama asli Kudus yang mukim di Makkah )

 

Sebagian Ulama’ ada yang mengajarkan pada hari tsb untuk memperbanyak mendekatkan diri dari Alloh SWT agar diberi keselamatan lahir batin, dengan cara yang macem-macem. Di antaranya adalah :

 

Melakukan Sholat Sunnah 4 Rekaat dengan di niati Sholat Hajat, yakni niat mohon hajat di jauhkan dari bala/, musibah, penyakit lahir batin, bukan niat sholat sunnah rebu wekasan / sholat sunnah akhir bulan shofar, sebab ada keterangan ulama’ dalam Kitab Irsyadul Ibad yang melarang sholat-sholat yang diniati spt itu, hal tsb termasuk tergholong bid’ah madzmumah. Oleh karena itu sholat sunnah yang kita kerjakan di hari Rabu akhir Bulan Shofar adalah niat sholat hajat.

 

Caranya adalah : lakukanlah wudlu’ dengan sempurna, lalu lakukanlah sholat Hajat 4 rekaat dengan dua kali salam. Setiap rekaat sehabis baca fatihah bacalah surat Al Kausar 17 kali, Al Ihlas 5 Kali dan Muawwidzatain 1 Kali dan Rekaat kedua setelah Fatihah, membaca surat tersebut kembali. Kemudian Sholat Hajat kembali seperti yang awal.

Setelah salam Lakukanlah Sujud bener-bener sujud sebagai hamba yang lemah, dan penuh dosa dengan membaca Tasbeh Nabi Yunus : Laa ila ha ilaa anta subhanaka Inni Kuntu Minadz Dzolimin ( dibaca semampunya hingga dapat mengakui sebagai hamba yang lemah dan penuh dosa )

Kemudian setelah sujud tsb, bangunlah lalu : membaca : Surat Yasin 1 kali saja, jika sampai : Salamun Qaulam Min Robbir Rokhim di baca  313 Kali, lalu membaca Sholawat Munjiyat semampunya (dari Syeikh Abdul Hamid Al Qudsi dalam Kitab Kanzun Najah Was Surur)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>