April 18, 2014
Home » saintek » Jejak Ratu Bilqis

Jejak Ratu Bilqis

JEJAK RATU BILQIS

Sebuah penelitian genetika yang dilakukan oleh para ilmuwan barat di Ethiopia mengarah kepada bukti ilmiyah keberadaan Ratu Bilqis. Diperkirakan lebih dari 3000 tahun yang lalu. Masyarakat Ethiopia meyakini bahwa mereka adalah keturunan dari ratu tersebut.

Para peneliti genetika dari Inggris dan Ethiopia mengatakan genom orang-orang Ethiopia sangat mirip dengan orang-orang Arab (salah satunya Suriah) dan percampuran genetika diketahui dimulai kira-kira 3.000 tahun lalu.

Profesor Chris Tyler-Smith, pakar dari Inggris yang melakukan penelitian mengatakan, genetika bisa menjadi petunjuk kejadian sejarah.

“Dengan menganalisis genetika orang-orang Ethiopia dan beberapa orang dari kawasan Afrika lain, kita bisa mengetahui bahwa gen masuk ke Ethiopia sekitar 3.000 tahun lalu dan ini sesuai dengan hikayat Ratu Sheba,” papar Tyler-Smith sebagaimana dilansir kantor berita British Broadcasting Corporation, Jum’at (22/06).

Luca Pagani, pakar dari Universitas Cambridge yang juga terlibat dalam penelitian ini menambahkan, “Bukti genetika yang kami temukan jelas mendukung kebenaran legenda Ratu Sheba.”

Mengomentari temuan ini, Dr Sarah Tishcoff dari Jurusan Biologi dan Genetika Univeristas Pennsylvania, Amerika Serikat, mengatakan, Ethiopia akan menjadi kawasan penting untuk diteliti di masa depan.

“Penelitian ini mengungkap sejarah Ethiopia, baik di masa sekarang maupun di masa lalu. Kawasan Ethiopia memainkan perang penting dalam sejarah migrasi manusia,” kata Tishcoff.

Hikayat Ratu Sheba dan Raja Sulaiman tercantum dalam buku Ethiopia, Kebra Nagast atau Kejayaan Raja-Raja, yang ditulis pada abad ke-13.

 

http://www.pelitaonline.com/read/dunia-islam/internasional/20/18418/benarkah-jejak-ratu-balqis-ditemukan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>